IFWADI, S.Pd

Foto saya
Bireuen, Aceh, Indonesia
KETUA MGMP IPS SMP BIREUEN

Sabtu, 18 April 2020

Pentingnya Pendidikan Kesehatan Bagi Masyarakat


PENTINGNYA PENDIDIKAN KESEHATAN DALAM MASYARAKAT
D
I
S
U
S
U
N
OLEH:RIZKA ASKYA
STIKES PAYUNG NEGERI ACEH DARUSSALAM

KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah atas segala rahmat dan hidayah Nya yang tidak terkira sehingga dapat menyelesaikan tugas yang berjudul pentingnya kesehatan dalam  masyarakat. dalam penyusunan saya memperboleh banyak referensi dari beberapa sumber yang tersedia. Meskipun saya berharap isi tugas ini bebas dari kesalahan, namun selalu ada yang kurang.
                                                                                               
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Tujuan
BAB II PEMBAHASAN
A. Pendidikan Kesehatan
B. Tujuan Pendidikan Kesehatan
C. Pentingnya Pendidikan Kesehatan Bagi Masyarakat
D. Ruang Lingkup Kesehatan
E. Ilmu-Ilmu Bantu Pendidikan Kesehatan
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA
BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Kesehatan merupakan bagian penting dari kesejahteraan masyarakat. Kesehatan juga merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia disamping sandang, pangan, dan papan. Sejarah perkembangan pendidikan di dunia kesehatan memang sejak awal didominasi oleh upaya pengobatan sehingga banyak dikenal umumnya di bidang medis (kedokteran) dengan profesi-profesi medis dan paramedis, seperti dokter, perawat dan bidan. Oleh sebab itu, kesehatan manusia bukan hanya berbicara atau berteori tentang penyakit dan penyebarannya (epidemiologi), tentang gizi makanan, tentang kesehatan lingkungan, tentang ilmu perilaku dan pendidikan, tetapi juga bagaimana aplikasi atau penerapan teori-teori tersebut dalam mengatasi masalah-masalah. Kesehatan masyarakat adalah ilmu dan seni mencegah penyakit, memperpanjang hidup, dan meningkatkan kesehatan melalui pengorganisasian masyarakat untuk perbaikan sanitasi lingkungan, pemberantasan penyakit menular, pendidikan kesehatan dan sebagainya.

B. Tujuan
Tujuan penulisan tugas ini adalah untuk memenuhi tugas pada mata kuliah dasar-dasar pkip dan mengetahui tentang pentingnya kesehatan dalam masyarakat.

BAB II
PEMBAHASAN

A. Pendidikan kesehatan
Pendidikan kesehatan adalah suatu penerapan konsep pendidikan di dalam bidang kesehatan . merupakan suatu kegiatan untuk membantu individu,kelompok, atau masyarakat dalam meningkatkan kemampuan atau perilakunya, untuk mencapai kesehatan secara optimal.peran pendidikan kesehatan:

1. Peran pendidikan kesehatan dalam faktor lingkungan. Telah banyak fasilitas kesehatan lingkungan yang dibangun oleh instansi baik pemeritah, swasta, maupun LSM.
2. Peran pendidikan kesehatan dalam faktor perilaku. Pendidikan kesehatan adalah suatu upaya atau kegiatan untuk menciptakan perilaku masyarakat yang kondusif untuk kesehatan.
3. Peran pendidikan kesehatan dalam pelayanan kesehatan. Dalam rangka perbaikan kesehatan masyarakat, pemerintah Indonesia hal ini Departemen Kesehatan telah menyediakan fasilitas kesehatan masyarakat dalam bentuk pusat pelayanan kesehatan.
4. Peran pendidikan kesehatan dalam faktor hereditas. Orang tua, khususnya ibu adalah faktor yang sangat penting dalam mewariskan status kesehatan anak mereka. Ruang lingkup pendidikan kesehatan masyarakat dapat dilihat dari tiga dimensi:
     
1. Dimensi sasaran
a. pendidikan kesehatan individu dengan sasaran individu.
b. Pendidikan kesehatan kelompok dengan sasaran kelompok .
c. Pendidikan kesehatan masyarakat dengan sasaran masyarakat.

2. Dimensi tempat pelaksanaan
a. Pendidikan kesehatan dirumah sakit dengan sasaran pasien dan kelurga.  
b. Pendidikan kesehatan di sekolah dengn sasaran pelajar.
c. Pendidikan kesehatan di masyarakat atau tempat kerja dengan sasaran masyarakat atau pekerja.

3. Dimensi tingkat pelayanan kesehatan
a. Pendidikan kesehatan promosi kesehatan.    
b. Pendidikan kesehatan untuk perlindungan khusus.
c. Pendidikan kesehatan untuk diagnosis dini dan pengobatan yang tepat.
d. Pendidikan kesehatan untuk rehabilitasi.

B. Tujuan Pendidikan Kesehatan
Tujuan pendidikan kesehatan merupakan domain yang akan dituju dari pendidikan kesehatan. pendidikan kesehatan memiliki beberapa tujuan antara lain pertama, tercapainyan perubahan perilaku individu, keluarga dan masyarakat dalam membinadan memelihara perilaku sehat dan linkungan sehat, serta peran aktif dalam upaya mewujudkan derajat kesehatan yang optimal. Tujuan utama pendidikan kesehatan adalah agar orang mampu menerapkan masalah dan kebutuhan mereka sendiri, mampu memahami apa yang dapat mereka lakukan terhadap masalahnya, dengan sumber daya yang ada pada mereka ditambah dengan dukungan dari luar, dan mampu memutuskan kegiatan yang tepat guna untuk meningkatkan taraf hidup sehat dan kesejahtraan masyarakat. Jadi tujuan pendidikan kesehatan adalah untuk memperoleh pengetahuan dan pemahaman pengtingnya kesehatan sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan fisik, mental dan sosial, sehingga produktif secara ekonomi maupun sosial.

C. Pentingnya Pendidikan Kesehatan Bagi Masyarakat
Pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan kita, ini berarti bahwa setiap manusia berhak mendapat dan berharap untuk selalu berkembang dalam pendidikan. Pendidikan secara umum mempunyai arti suatu proses kehidupan dalam mengembangan diri tiap individu untuk dapat hidup dan melangsungkan kehidupan. Pendidikan kesehatan sebenarnya telah menjadi bagian yang harus diberikan kepada peserta didik. Pembelajaran kesehatan tidak terbatas pada olah raga saja, pembelajaran kesehatan harus dapat diajarkan sampai pada perilaku sehat untuk dipraktekkan dalam keseharian para pelajar. Mungki saja banyaknya pelajar sekolah sekarang yang menunjukan pola hidup tidak sehat seperti, merokok, minum minuman keras, mengonsumsi narkoba disebabkan kurangnya pemahaman mereka terhadap kesehatan.

D. Ruang Lingkup Pendidikan Kesehatan 
A. Aspek KesehatanTelah menjadi kesepakatan umum bahwa kesehatan masyarakat itu mencakupempat aspek pokok yaitu:
 1. Promosi (promotif)
 2. Pencegahan (preventif)
 3. Penyembuhan (kuratif)
 4. Pemulihan (rehabilitatif)

B. Tempat Pelaksanaan Pendidikan Kesehatan 
1. Pendidikan kesehatan pada tatanan keluarga.
2. Pendidkan kesehatan pada tatana sekolah, dilakukan disekolah dengan sasaran murid.
3. Pendidikan kesehatan ditempat-tempat umum, yang mencakup terminal bus, stasiun, Bandar udara, tempat-tempat olahraga, dan sebagainya.
4. Pendidikan kesehatan ditempat kerja dengan sasaran buruh atau karyawan yang bersangkutan.
5. Pendidikan kesehatan pada fasilitas pelayanan kesehatan, seperti rumah sakit, Puskesmas, Poloklinik rumah bersalin, dan sebagainya.

C.Tingkat Pelayanan Kesehatan
1. promosi kesehatan seperti peningkatan gizi, kebiasaan hidup dan perbaiki sanitasi lingkungan.
2. Perlindungan khusus seperti adanya program imunisasi
3. Diagnosis Dini dan pengobatan segera
4. Pembatasan kecacatan yaitu seperti kurangnya pengertian dan kesadaraan  masyarakat tentang kesehatan dan penyakit sering kali
mengakibatkan mastyarakat tidak melanjutkan pengobatannya sampai tuntas, sedangkan pengobatan yang tidak sempurna dapat mengakibatkan orang menjadi cacat.

E. Ilmu-Ilmu Bantu Pendidikan Kesehatan
Dalam perkembangannya, suatu ilmu secara sadar ataupun tidak sadar memerlukan ilmu – ilmu lain sebagai alat bantunya. Ilmu pendidikan yang mempunyai tujuan akhir pada perubahan tigkah laku manusia sudah tentu memerlukan banyak sekali imu bantu sesuai dengan aspek yang mempengaruhi tingkah laku. Perilaku manusia cenderung bersifat holistik (menyeluruh). Sebagai arah analisi, perilaku manusia tersebut dapat dibagi menjadi 3 aspek, yakni aspek fisiologi, psikologi dan sosial. Ketiga aspek terebut sulit dibedakan dalam pengaruh dan kontribusi pembentukan manusia.

BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Pendidikan kesehatan adalah suatu penerapan konsep pendidikan di dalam bidang kesehatan. Merupakan suatu kegiatan untuk membantu individu, kelompok, atau masyarakat dalam meningkatkan kemampuan atau prilaku, untuk mencapai kesehatan secara optimal. Tujuan pendidikan kesehatan merupakan domain yang akan dituju dari pendidikan kesehatan memiliki beberapa tujuan anatara lain pertama, tercapai perubahan perilaku individ, keluarga dan masyarakat dalam membina dan memelihara perilaku sehat dan lingkungan sehat, serta peran aktif dalam upaya mewujudkan derajat kesehatan yang optimal.

B. Saran
Diharapkan Sosialisasi dari pemerintah dan para ahli mengenai pendidikan kesehatan sangatlah penting dalam menciptakan lingkungan masyarakat yang sehat dan gaya hidup yang sehat dilakukan secara terus menerus dalam artian lebih ditingkatkan yang sifatnya menyeluruh guna menciptakan perubahan perilaku, lingkungan dan gaya hidup sehat.

DAFTAR PUSTAKA
SetiaWati, Dermawan. 2008. proses pembelajaran dalam pendidikan kesehatan. Jakarta; TRANS INFO MEDIA

Paya Kareueng Bireuen, 18 April 2020 (Ifwadi, S.Pd)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendidikan

Pengertian Sejarah Sebagai Ilmu, Sebagai Kisah, Sebagai Peristiwa dan sebagai Seni

Pengertian Sejarah Sebagai Ilmu, Sebagai Kisah, Sebagai Peristiwa dan sebagai Seni 1. Sejarah Sebagai Ilmu Sejarah sebagai ilmu merupakan ...

Tampilkan