IFWADI, S.Pd

Foto saya
Bireuen, Aceh, Indonesia
KETUA MGMP IPS SMP BIREUEN

Selasa, 12 Mei 2020

"GAM CANTOI"


'Gam Cantoi' Aceh mengharapkanmu untuk kembali.

Sosok karikatur Aceh ‘Gam Cantoi’ hadir tahun 1989 di pojok serambi Indonesia Koran Aceh, disajikan dalam tiga gambar yang memberikan pesan sosial oleh M. Sampe Edwards. Gam Cantoi menjadi buah bibir pada masa itu dan di senangi oleh semua golongan. pingin rasanya ada tokoh ‘gam Cantoi’ hadir kembali di media yang serba komplek sekarang ini yang dapat memberi inspirasi bukan provokasi pada generasi bangsa.

Kurang lengkap rasanya kalau kita belum membaca serambi Indonesia apa lagi belum melihat Gam Cantoi dengan kritik social yang kocak. Gam Cantoi hadir setiap hari menghibur, serta membawa pembaca menafsir tiga gambar tersebut menurut tingkat dan pola pikir kita masing-masing.


Seniman M. Sampe Edwards merupakan seniman hebat. Tak pernah kehilangan kreatifitas dalam setiap pergantian hari. Banyak orang saat membaca harian Serambi Indonesia yang pertama di lihat adalah karakter Gam Cantoi, yang sangat mengasyikkan dan mengundang tawa. Ketika politik tak lagi asyik, maka humorlah yang menyelamatkan kita dari kebosanan.


Tidak ada yang abadi didunia ini termasuk sang seniman M. Sampe Edwards dia meninggal dunia pada hari Sabtu 30 Maret 2013 pukul 19.15 WIB di Rumah Sakit Colombia Asia Medan Sumatera Utara, karena mengidap penyakit tumor pada belakang batang hidung. Dengan meninggalnya Muhammad sampe Edwards maka bersamaan dengan itu "Gam Cantoi" tamat dan terkubur bersama M.Sampe Edwards. Gam Cantoi kehadiranmu masih diharapkan walau zaman sudah berubah dari media cetak ke media elektronik serta media online. Mungkinkah M. Sampe Edwards {Gam Cantoi} yang akan lahir pada abad ini {Abad 21}.

Paya Kaeueng, Bireuen, 12 Mai 2020 {Ifwadi Taib}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendidikan

Pengertian Sejarah Sebagai Ilmu, Sebagai Kisah, Sebagai Peristiwa dan sebagai Seni

Pengertian Sejarah Sebagai Ilmu, Sebagai Kisah, Sebagai Peristiwa dan sebagai Seni 1. Sejarah Sebagai Ilmu Sejarah sebagai ilmu merupakan ...

Tampilkan