IFWADI, S.Pd

Foto saya
Bireuen, Aceh, Indonesia
KETUA MGMP IPS SMP BIREUEN

Minggu, 12 April 2020

Supervisi Guru


Supervisi merupakan istilah yang akrap kita dengar dalam dunia kerja, baik di perusahaan maupun Sekolah.

 
Supervisi dapat didefinisikan menjadi beberapa katagori. Secara etimologi, supervisi berasal dari bahasa inggris "supervision". Super berarti diatas, sedangkan vision berarti melihat/penglihatan. Kalau diartikan secara bebas, Supervision adalah melihat dari atas. Makna supervisi lebih kepada pengawasan. 

Kegiatan supervisi Guru merupakan kegiatan rutin dan wajib dilaksanakan oleh seorang kepala sekolah untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan pada kegiatan yang sudah dilakukan. Sehingga menjadi bahan perbaikan yang tujuan untuk mendapat hasil yang lebih baik kedepannya. 

Dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah dalam hal supervisi guru, yang pertama dilakukan adalah supervisi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Supervisi ini dilakukan sebelum melaksanakan proses pembelajaran.


Setelah supervisi perangkat dilakukan, maka terlebih dahulu membuat kesepakatan antara kepala sekolah dengan guru yang akan di supervisi untuk melaksanakan
supervisi kelas. Tujuan dibuat kesepakatan agar guru yang mau disupervisi bisa mempersiapkan fisik dan psikis.

Setelah kedua kegiatan supervisi dilaksanakan maka untuk selanjutnya duduk bersama untuk mengevaluasi kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh guru tersebut. Kalau ada kekurangan sama sama mencari solusi untuk perbaikan. Supervisi bukan menakutkan guru, akan tetapi untuk membangkitkan semangat guru dalam proses pembelajaran. Kelemahan ini yang menjadi catatan untuk pengembangan diri, sedangkan kelebihan yang dia miliki bisa menjadi contoh untuk guru guru yang lain. 

Ifwadi, S.Pd
Bireuen, 12 April 2020

4 komentar:

  1. Walaupun lagi belajar tp mantap kok,bimbinglah kami walaupun kami lbh tua dr pd bpk, km msh sangat kekurangan.semangat ya pak semoga lbh berhasil lagi.

    BalasHapus
  2. Kami tidak merasa lelah dalam membagi.

    BalasHapus

Pendidikan

Pengertian Sejarah Sebagai Ilmu, Sebagai Kisah, Sebagai Peristiwa dan sebagai Seni

Pengertian Sejarah Sebagai Ilmu, Sebagai Kisah, Sebagai Peristiwa dan sebagai Seni 1. Sejarah Sebagai Ilmu Sejarah sebagai ilmu merupakan ...

Tampilkan