PENTINGNYA PENDIDIKAN
KESEHATAN DALAM MASYARAKAT
D
I
S
U
S
U
N
OLEH:RIZKA ASKYA
STIKES PAYUNG NEGERI
ACEH DARUSSALAM
KATA PENGANTAR
Segala puji
bagi Allah atas segala rahmat dan hidayah Nya yang tidak terkira sehingga dapat
menyelesaikan tugas yang berjudul pentingnya
kesehatan dalam masyarakat. dalam
penyusunan saya memperboleh banyak referensi dari beberapa sumber yang
tersedia. Meskipun saya berharap isi tugas ini bebas dari kesalahan, namun
selalu ada yang kurang.
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B.
Tujuan
BAB II PEMBAHASAN
A.
Pendidikan Kesehatan
B. Tujuan
Pendidikan Kesehatan
C.
Pentingnya Pendidikan Kesehatan Bagi Masyarakat
D. Ruang
Lingkup Kesehatan
E. Ilmu-Ilmu
Bantu Pendidikan Kesehatan
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan
B.
Saran
DAFTAR PUSTAKA
BAB 1
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang
Kesehatan
merupakan bagian penting dari kesejahteraan masyarakat. Kesehatan juga merupakan
salah satu kebutuhan dasar manusia disamping sandang, pangan, dan papan. Sejarah perkembangan pendidikan di dunia
kesehatan memang sejak awal didominasi oleh upaya pengobatan sehingga banyak
dikenal umumnya di bidang medis (kedokteran) dengan profesi-profesi medis dan
paramedis, seperti dokter, perawat dan bidan. Oleh sebab itu, kesehatan manusia bukan hanya berbicara
atau berteori tentang penyakit dan penyebarannya (epidemiologi), tentang gizi
makanan, tentang kesehatan lingkungan, tentang ilmu perilaku dan pendidikan,
tetapi juga bagaimana aplikasi atau penerapan teori-teori tersebut dalam
mengatasi masalah-masalah. Kesehatan
masyarakat adalah ilmu dan seni mencegah penyakit, memperpanjang hidup, dan
meningkatkan kesehatan melalui pengorganisasian masyarakat untuk perbaikan
sanitasi lingkungan, pemberantasan penyakit menular, pendidikan kesehatan dan
sebagainya.
B. Tujuan
Tujuan penulisan tugas ini adalah untuk memenuhi tugas pada mata
kuliah dasar-dasar pkip dan mengetahui tentang pentingnya kesehatan dalam
masyarakat.
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Pendidikan kesehatan
Pendidikan
kesehatan adalah suatu penerapan konsep pendidikan di dalam bidang kesehatan .
merupakan suatu kegiatan untuk membantu individu,kelompok, atau masyarakat
dalam meningkatkan kemampuan atau perilakunya, untuk mencapai kesehatan secara
optimal.peran pendidikan kesehatan:
1. Peran pendidikan kesehatan dalam faktor
lingkungan. Telah banyak fasilitas kesehatan
lingkungan yang dibangun oleh instansi baik pemeritah, swasta, maupun LSM.
2.
Peran pendidikan kesehatan dalam faktor perilaku. Pendidikan kesehatan adalah suatu upaya
atau kegiatan untuk menciptakan perilaku masyarakat yang kondusif untuk
kesehatan.
3.
Peran pendidikan kesehatan dalam pelayanan kesehatan. Dalam rangka perbaikan kesehatan
masyarakat, pemerintah Indonesia hal ini Departemen Kesehatan telah
menyediakan fasilitas kesehatan masyarakat dalam bentuk pusat pelayanan
kesehatan.
4.
Peran pendidikan kesehatan dalam faktor hereditas. Orang tua, khususnya ibu adalah faktor
yang sangat penting dalam mewariskan status kesehatan anak mereka. Ruang lingkup pendidikan kesehatan
masyarakat dapat dilihat dari tiga dimensi:
a.
pendidikan kesehatan individu dengan sasaran individu.
b.
Pendidikan kesehatan kelompok dengan sasaran kelompok .
c.
Pendidikan kesehatan masyarakat dengan sasaran masyarakat.
2. Dimensi
tempat pelaksanaan
a.
Pendidikan kesehatan dirumah sakit dengan sasaran pasien dan kelurga.
b.
Pendidikan kesehatan di sekolah dengn sasaran pelajar.
c.
Pendidikan kesehatan di masyarakat atau tempat kerja dengan sasaran masyarakat
atau pekerja.
3. Dimensi
tingkat pelayanan kesehatan
a.
Pendidikan kesehatan promosi kesehatan.
b.
Pendidikan kesehatan untuk perlindungan khusus.
c. Pendidikan
kesehatan untuk diagnosis dini dan pengobatan yang tepat.
d. Pendidikan kesehatan untuk rehabilitasi.
B. Tujuan Pendidikan
Kesehatan
Tujuan
pendidikan kesehatan merupakan domain yang akan dituju dari pendidikan
kesehatan. pendidikan kesehatan memiliki beberapa tujuan antara lain
pertama, tercapainyan perubahan perilaku individu, keluarga dan masyarakat
dalam membinadan memelihara perilaku sehat dan linkungan sehat, serta peran
aktif dalam upaya mewujudkan derajat kesehatan yang optimal. Tujuan utama pendidikan kesehatan adalah
agar orang mampu menerapkan masalah dan kebutuhan mereka sendiri, mampu
memahami apa yang dapat mereka lakukan terhadap masalahnya, dengan sumber daya
yang ada pada mereka ditambah dengan dukungan dari luar, dan mampu memutuskan
kegiatan yang tepat guna untuk meningkatkan taraf hidup sehat dan kesejahtraan
masyarakat. Jadi tujuan pendidikan kesehatan
adalah untuk memperoleh pengetahuan dan pemahaman pengtingnya kesehatan
sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan fisik, mental dan sosial, sehingga produktif secara ekonomi maupun sosial.
C. Pentingnya
Pendidikan Kesehatan Bagi Masyarakat
Pendidikan
merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan kita, ini berarti bahwa setiap
manusia berhak mendapat dan berharap untuk selalu berkembang dalam pendidikan.
Pendidikan secara umum mempunyai arti suatu proses kehidupan dalam mengembangan
diri tiap individu untuk dapat hidup dan melangsungkan kehidupan. Pendidikan kesehatan sebenarnya telah
menjadi bagian yang harus diberikan kepada peserta didik. Pembelajaran
kesehatan tidak terbatas pada olah raga saja, pembelajaran kesehatan harus
dapat diajarkan sampai pada perilaku sehat untuk dipraktekkan dalam keseharian
para pelajar. Mungki saja banyaknya pelajar sekolah sekarang yang menunjukan
pola hidup tidak sehat seperti, merokok, minum minuman keras, mengonsumsi
narkoba disebabkan kurangnya pemahaman mereka terhadap kesehatan.
D. Ruang Lingkup
Pendidikan Kesehatan
A. Aspek Kesehatan. Telah menjadi kesepakatan umum bahwa kesehatan
masyarakat itu mencakupempat
aspek pokok yaitu:
1.
Promosi (promotif)
2.
Pencegahan (preventif)
3.
Penyembuhan (kuratif)
4.
Pemulihan (rehabilitatif)
B. Tempat Pelaksanaan Pendidikan Kesehatan
1.
Pendidikan kesehatan pada tatanan keluarga.
2.
Pendidkan kesehatan pada tatana sekolah, dilakukan disekolah dengan sasaran murid.
3.
Pendidikan kesehatan ditempat-tempat umum, yang mencakup terminal bus, stasiun,
Bandar udara, tempat-tempat olahraga, dan sebagainya.
4.
Pendidikan kesehatan ditempat kerja dengan sasaran buruh atau karyawan yang bersangkutan.
5.
Pendidikan kesehatan pada fasilitas pelayanan kesehatan, seperti rumah sakit, Puskesmas,
Poloklinik rumah bersalin, dan sebagainya.
C.Tingkat Pelayanan Kesehatan
1.
promosi kesehatan seperti peningkatan gizi, kebiasaan hidup dan perbaiki sanitasi
lingkungan.
2. Perlindungan khusus seperti adanya program
imunisasi
3. Diagnosis Dini dan pengobatan segera
4. Pembatasan kecacatan yaitu seperti kurangnya pengertian dan kesadaraan masyarakat tentang kesehatan dan penyakit
sering kali
mengakibatkan mastyarakat
tidak melanjutkan pengobatannya sampai tuntas, sedangkan pengobatan
yang tidak sempurna dapat mengakibatkan orang menjadi cacat.
E. Ilmu-Ilmu Bantu Pendidikan
Kesehatan
Dalam
perkembangannya, suatu ilmu secara sadar ataupun tidak sadar memerlukan ilmu
– ilmu lain sebagai alat bantunya. Ilmu pendidikan yang mempunyai tujuan akhir
pada perubahan tigkah laku manusia sudah tentu memerlukan banyak sekali imu
bantu sesuai dengan aspek yang mempengaruhi tingkah laku. Perilaku manusia
cenderung bersifat holistik (menyeluruh). Sebagai arah analisi, perilaku manusia
tersebut dapat dibagi menjadi 3 aspek, yakni aspek fisiologi, psikologi dan
sosial. Ketiga aspek terebut sulit dibedakan dalam pengaruh dan kontribusi
pembentukan manusia.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Pendidikan
kesehatan adalah suatu penerapan konsep pendidikan di dalam bidang kesehatan.
Merupakan suatu kegiatan untuk membantu individu, kelompok, atau masyarakat
dalam meningkatkan kemampuan atau prilaku, untuk mencapai kesehatan secara
optimal. Tujuan pendidikan kesehatan merupakan domain
yang akan dituju dari pendidikan kesehatan memiliki beberapa tujuan anatara
lain pertama, tercapai perubahan perilaku individ, keluarga dan masyarakat
dalam membina dan memelihara perilaku sehat dan lingkungan sehat, serta peran
aktif dalam upaya mewujudkan derajat kesehatan yang optimal.
B. Saran
Diharapkan Sosialisasi dari pemerintah dan
para ahli mengenai pendidikan kesehatan sangatlah penting dalam menciptakan
lingkungan masyarakat yang sehat dan gaya hidup yang sehat dilakukan secara
terus menerus dalam artian lebih ditingkatkan yang sifatnya menyeluruh guna
menciptakan perubahan perilaku, lingkungan dan gaya hidup sehat.
DAFTAR PUSTAKA
Febroll (2012).
Pendidikankesehatan sumber http://febroll.blogspt.com/2014/04/pendidikan-kesehatan.html
Diakses tangga 01/11/2012 waktu 15.32. wib
SetiaWati, Dermawan. 2008. proses pembelajaran dalam pendidikan
kesehatan. Jakarta; TRANS INFO MEDIA
Paya Kareueng Bireuen, 18 April 2020 (Ifwadi, S.Pd)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar