IFWADI, S.Pd

Foto saya
Bireuen, Aceh, Indonesia
KETUA MGMP IPS SMP BIREUEN

Selasa, 14 April 2020

KETERAMPILAN DASAR PENDIDIK

DELAPAN KETERAMPILAN DASAR YANG HARUS DI MILIKI OLEH GURU

Dalam Proses Pembelajaran bagi seorang guru harus mempunyai keterampilahyang mendasar ;
1. Keterampilan Bertanya, dalam menajukan pertanyaan kepada peserta didik harus memperhatikan keadaan peserta didik. Keadaan mental peserta didik jangan sampai tertekan dengan pertanyaanyang diajukan, maka dalam hal ini perlu memperhatikan kesiapan mereka terlebih dahulu baru mengajukan pertanyaan.

2. Keterampilan Memberi Penguatan. Penguatan terhadap suatu indikator yang sudah kita berikan perlu penguatan untuk dapat menyakinkan peserta didik, disini seorang guru harus memiliki
keterampilan dalam hal penguatan

3. Keterampilan Mengadakan Variasi. dalam pembelajaran menggunakan variasi terhadap metode
yang digunakan untuk tidak membosankan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran.

4. Keterampilan Menjelaskan, Menjelaskan pelajaran membutuhkan keterampilan untuk tersampaikannya pesan yang ingin kita sampaikan kepada peserta didik.

5. Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran. Membuka pelajaran membutuhkan keterampilanbagi seorang guru, karena membuka pelajaran merupakan kunci awal terpaipainya proses pembelajaran yang menyenangkan atau di senangi oleh peserta didik. Begitu juga dalam menutupi atau mengakhiri pembelajar mempunyai kesan pada peserta didik untuk pertemuan yang akan datang.

6. Keterampilan Membimbing diskusi kelompok kecil. Membimbing diskusi kelompok kecil dalam proses pembelajaran yang sedang berlangsung mempunyai keahlian khusus bagi seorang pendidik. Dalam membimbing kelompok kecil ada kelompok lainnya yang terabaikan, maka disini butuh keterampilan.

7. Keterampilan mengelola kelas. Keterampilan mengelola kelas merupakan hal yang cukup sulit dalam proses pembelajaran. tidak semua guru mempunya keahlian dalam mengelola kelas. Kelas yang tidak bisa kita kelola dengan baik menjadi penyebab tidak tercapainya tujuan pembelajaran.

8. Keterampilan Mengajar kelompok kecil dan perorangan. Tidak semua peserta didik dapatmengikuti pembelajaran secara keseluruhan secara bersama - sama, karena terjadi perbedaan karakter, maka bagi guru perlu melayani secara kelompok kecil dan perorangan
.

Keterampilan inilah yang harus dimiliki oleh guru dalam proses pembelajaran di kelas,tanpa keterampilan dasar ini sulit bagi guru untuk dapat tercapai apa yang ingin di sampaikan kepada peserta didik. Guru tidak mudah menyampaikan sesuatu kepada peserta didik tanpa memiliki keterampilan keterampilan dasar yang harus di miliki oleh guru. Maka dalam hal ini guru perlu meningkatkan kemampuan dirinya agar mampu menjadi guru yang baik. Guru yang baik dan dapat menyampaikan kepada peserta didik semua yang sudah di rencanakan. Perencanaan tersebut dapat di sampaikan dalam proses pembelajaran di kelas. Keterampilan dasar adalah modal awal bagi profesi guru atau pendidik (Ifwadi Taib)

Paya Kareueng Bireuen, 14 April 2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendidikan

Pengertian Sejarah Sebagai Ilmu, Sebagai Kisah, Sebagai Peristiwa dan sebagai Seni

Pengertian Sejarah Sebagai Ilmu, Sebagai Kisah, Sebagai Peristiwa dan sebagai Seni 1. Sejarah Sebagai Ilmu Sejarah sebagai ilmu merupakan ...

Tampilkan